TESATE



Ubi jalar biasa di sebut ketela rambat, bagian yang di manfaatkan ini adalah akarnya yang membentuk umbi dengar kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Di beberapa negara seperti di afrika di jadikan sebagai salah satu makanan pokok.
Ubi merupakan salah satu hasil pertanian yang ada di Desa Serabi Timur, yang pada umumnya ubi tersebut biasanya di jual mentah dan di hargai empat sampai lima ribu rupiah,  kadang ada juga sebagai warga yang mengolah ubi tersebut menjadi kripik, namun sayangnya kripik tersebut tidak untuk di pasarkan, melainkan di konsumsi sendiri.
Namun uniknya petani di desa setempat cenderung lebih mengharapkan daun dari pada buah ubinya. Sebab petani menjadikan daun ubi sebagai pakan substusi untuk sapi dan kambing. Dari hal tersebut kelompok KKN 24 membuat suatu terobosan dalam pembuatan produk berbahan dasar ubi yang di beri nama TESATE (Tela Serabi Timur).
Salah satu langkah kelompok KKN 24 agar tercapainya terobosan tersebut yaitu dengan melakukan penyuluhan sekaligus praktek pembuatan produk berbahan dasar ubi tersebut bersama ibu PKK di Desa Serabi Timur. Kegitan tersebut di laksanakan pada 17 januari 2017. Padas saat penyuluhan, masyarakat atau ibu PKK cukup antusias dalam kegiatan ini. Bahkan salah satu anggota ibu PKK menerima usulan dari kelompok KKN 24 untuk memasarkan produk  bernama TESATE tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar