Potensi Desa



Di Desa Serabi Timur kecamatan Modung memiliki banyak potensi local, diantaranya:
1.      Pertanian
Sebagian besar penduduk Desa Serabi Timur bekerja dibidang pertanian, sebagai mata pencaharian utama bagi warga Desa Serabi Timur. Dengan potensi berupa tanaman padi dan jagung sebagai komoditi yang paling banyak dikelola oleh masyarakat.
  
Tanaman padi yang mulai menguning

Pada musim penghujan biasanya masyarakat menanam padi. Karena musim panen hampir dekat dan biji padi mulai menguning mulai ada beberapa warga yang telah memanen padi-padi mereka karena telah mulai menguning.
Memanen padi di sawah
Selain itu, karena padi yang mulai menguning membuat banyak burung emprit (kedhik) yang mendatangi sawah penduduk. Hal ini mengakibatkan banyak para petani baik ibu-ibu maupun bapak-bapak untuk menjaga tanaman padi mereka yang ada di sawah agar tidak didatangi oleh burung. Biasanya para petani menjaga sawah mereka di pagi dan sore hari.
2.      Perkebunan
Selain potensi dibidang pertanian, Desa Serabi Timur juga memiliki potensi dibidang perkebunan, dengan jenis tanaman ubi-ubian yang ditanam di lahan perkebunan masyarakat, seperti ubi jalar, singkong, dan kacang. 
 Tanaman ubi jalar
Hasil kebun sering dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti kambing dan sapi. Seperti daun singkong dan daun ubi biasa siambil dan diberikan pada ternak. Sedangkan ubi dan singkongnya kurang dimanfaatkan. Dan biasanya hanya digunakan sebagai bahan pembuatan gorengan. Sehingga ketika hasil perkebunan melimpah, ubi lebih banyak dibuang daripada dimanfaatkan.

0 komentar:

Posting Komentar