Lembaga Desa Serabi Timur



1.      Lembaga pemerintahan
Sistem pemerintahan di Desa Serabi Timur sepenuhnya merupakan kebijakan dari kepala desa beserta para jajaran aparatur desa berupa sekretaris desa, bandahara desa, disertai dengan dewan perwakilan desa (DPD) berdasarkan musyawarah dengan masyarakat. 

Balai Desa Serabi Timur

Berikut adalah susunan aparatur Desa Serabi Timur:
Kepala desa           : Djumadi
Sekretaris desa      : Syarif Hidayatullah
Bendahara desa     : Abdul Ghofur
Kepala dusun        :
a.       Karanganyar          : Sawi
b.      Sepat                      : Mat Saleh
c.       Kobakoh                : Baidi
d.      Tokaleh                  : Musamir
e.       Blireng                   : Kamir
Ketua DPD           : Khairul Anam
Wakil DPD           : Muchtar
Bendahara DPD   : Abdul gofur
Anggota DPD      :
-          Nasrawi
-          Tuyar
-          Samsul
-          Nurbulan
-          Alam
1.      Lembaga pendidikan 

Bangunan sekolah (SDN Srabi Timur 2)
Di Desa Serabi Timur terdapat beberapa lembaga pendidikan mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Untuk SD terdapat 2 SD yang berada di Desa Serabi Timur yaitu SDN Srabi Timur 1 dan 2. Selain SD, di Desa Serabi Timur juga terdapat sebuah Madrasah Ibtidaiyah yaitu MI MIftahul Huda.



Bangunan sekolah (MI Miftahul Huda)
Untuk SMP dan SMA yang terdapat di Desa Serabi Timur masih berstatus SMP dan SMA swasta yang dikelola oleh sebuah yayasan pendidikan dari kepala Desa Serabi Timur.

Bangunan sekolah (SMP dan SMA Al-Hidayah)
1.      Lembaga keagamaan
Pondok pesantren Al-Miftah merupakan sebuah pondok pesantren yang terdapat di Desa Serabi Timur. Pondok ini dahulu hanya sebuah Madrasah Ibtidaiyah yang selanjutnya dijadikan sebuah pondok pesantren dan memiliki 3 jenjang pendidikan yaitu MI, MTs, dan MA yang berada di sekitar wilayah pondok.
2.      Lembaga kesehatan
Dibidang kesehatan, Desa Serabi Timur memiliki sebuah pusat kesehatan desa (Puskesdes) yang memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakatDesa Serabi Timur. Puskesdes ini dijalankan oleh seorang bidan yang bernama ibu ST. Nur Fatimah bersama dengan suaminya seorang anggota kodim Pamekasan.


Puskesdes Desa Serabi Timur
Di puskesdes ini melayani berbagai macam keluhan kesehatan masyarakat yang tanpa memerlukan penanganan khusus dan intensif. Selain pelayanan kesehatan bagi masyarakat, poskesdes ini juga melayani persalinan bagi ibu hamil didaerah sekitar Desa Serabi Timur.
Dengan peralatan dan obat-obatan yang tersedia, rata-rata masyarakat Desa Serabi Timur memilih berobat ke Puskesdes tersebut dibanding ke Puskesmas. Tidak terbatas pada persalinan ibu hamil saja, di Puskesdes ini juga memberikan layanan Posyandu kepada ibu dan anak balita secara rutin setiap bulannya.
1.      Lembaga sosial
1.      Kelompok Usaha Bersama


Kelompok usaha pedesaan
Sebuah kelompok usaha yang dibentuk oleh kementrian sosial kabupaten bangkalan untuk mensejahterakan masyarakat melalui usaha sampingan yakni usaha penyewaan sepeda. Kebutuhan mobiltas masyarakat dapat tercapai dengan adanya kelompok usaha bersama ini.



2.      Muslimatan
 Kegiatan muslimatan ibu-ibu
Di Desa Serabi Timur, terdapat sebuah pengajian ibu-ibu yang sering disebut dengan muslimatan dilakukan pada hari minggu malam senin setelah melaksanakan sholat maghrib di rumah masing-masing anggotanya secara bergiliran. 
3.      Yasinan

Kegiatan yasinan bapak-bapak
Selain muslimatan, ada pula perkumpulan pengajian untuk bapak-bapak yang sering disebut yasinan. Yasinan dilakukan secara rutin pada hari kamis malam jum’at setelah sholat maghrib dan dipimpin oleh ustadz Sahid dan dilakukan secara bergantian antara masing-masing anggota.
 

0 komentar:

Posting Komentar