Infrastruktur Desa Serabi Timur


1.      Fasilitas kantor pemerintahan

Fasilitas listrik balai desa

Sebagai tempat menjalankan suatu pemerintahan di Desa Serabi Timur, balai desa memiliki beberapa fasilitas maupun prasarana yang membantu berjalannya pemerintahan di desa. Adapun fasillitas maupun prasarana yang ada berupa meja, kursi, air, listrik, kamar mandi, dan lain-lain.
2.      Fasilitas pendidikan
Dalam menjalankan proses pembelajaran, di Desa Serabi Timur setiap sekolah yang ada baik sekolah negeri maupun swasta memiliki fasilitas dan prasarana berupa gedung sekolah, meja, kursi, papan tulis, perpustakaan, dan lain sebagainya. Sehingga dengan fasilitas dan prasarana yang ada dapat memberikan manfaat bagi peserta didik. 
 Fasilitas kelas di SMP
Di sebelah SD Srabi Timur 1 juga terdapat perpustakaan kecil milik SD yang di dalamnya terdapat banyak sekali buku-buku pelajaran tingkat SD dan buku-buku ilmu pengetahuan umum.
Perpustakaan
Untuk SMP dan SMA didirikan oleh sebuah yayasan yaitu yayasan Al-Hidayah. Merupakan sebuah yayasan pendidikan milik kepala desa dan keluarga.
3.      Fasilitas keagamaan
Selain pondok pesantren Al-Miftah, di Desa Serabi Timur juga terdapat beberapa Masjid dan musholla/surau di beberapa dusun yang ada. Dengan adanya masjid maupun musholla ini membuat nuansa kental keagamaan di Desa Serabi Timur ini.
Masjid Jami’ Darrussalam
Masjid-masjid ini biasanya digunakan sebagai tempat untuk sholat jum’at, sholat idhul fitri dan idhul adha. Selain itu juga biasa digunakan untuk sholat berjamaah para bapak-bapak karena untuk ibu-ibu biasanya sholat di surau keluarga mereka masing-masing. Untuk musholla sendiri biasanya digunakan sebagai pengganti TPQ ketika malam hari setelah sholat Maghrib.

4.      Fasilitas kesehatan
 Fasilitas kesehatan di Puskesdes
Puskesdes (Pusat Kesehatan Desa) merupakan salah satu fasilitass kesehatan masyarakat desa dibawah puskesmas. Seperti di desa-desa lain, di Desa Serabi Timur juga memiliki fasilitas kesehatan desa berupa Puskesdes. Di Puskesdes ini tersedia beberapa fasilitas seperti peralatan kesehatan, ranjang untuk periksa kesehatan, melahirkan, dan fasilitas-fasilitas lainnya.
5.      Akses jalan 
 Akses jalan Desa Serabi Timur
Akses jalan di Desa Serabi Timur sebagian besar sudah diaspal walaupun saat ini sudah mulai rusak. Ada pula beberapa dusun yang belum diaspal, hal ini dikarenakan akses menuju dusun tersebut masih sulit untuk dilalui roda empat.
Untuk akses menuju desa lain, Desa Serabi Timur biasa digunakan sebagai jalan penghubung dari beberapa desa sekitar seperti desa neroh, desa kola, desa serabi barat, desa pangpanjung.
6.      Sumber air
Air merupakan kebutuhan utama setiap manusia. Dalam memenuhi kebutuhan air masyarakat Desa Serabi Timur menggunakan sebuah sumber air yang berasal dari tanahhasil dari pengeboran air tanah di salah satu dusun di Desa Serabi Timur.

Pengeboran air tanah
Pengeboran air ini dibuat karena Desa Serabi Timur dulu kekurangan air sehingga masyarakat Desa Serabi Timur harus mencari air ke desa lain bahkan harus membeli agar bisa mendapatkan kebutuhan air. Namun sekarang, air hasil pengeboran ini sudah bisa mencukupi kebutuhan masayarakat serabi timur.
Dengan dibangunnya tandon membuat ketersediaan air tidak hanya bisa mencukupi persediaan air di Desa Serabi Timur, namun tandon air ini bisa mengairi desa sekitar seperti desa kolla maupun desa lain yang kekurangan air. Setelah masuknya program PNPM pada tahun 2010, akhirnya pengeboran air tersebut dialihkan ke PNPM. Sehingga untuk penyaluran air ke desa lain lebih maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar