Budaya Masyarakat Desa Serabi Timur



Bermain kartu bersama warga
1.      Silaturahmi
Budaya silaturahmi merupakan bentuk kerukunan antar sesama manusia, budaya ini
sangat kental dilakukan di masyarakat Madura khususnya di Desa Serabi Timur kecamatan modung, karena kebiasaan masyarakat Madura yang mayoritas perantauan dan jarang sekali bersosialisasi sesama masyarakat desa, sehingga pada saat liburan atau mudik oleh orang Madura dimanfaatkan untuk silaturahmi kerumah-rumah tetangga.
Ada pula saudara yang berasal dari luar desa berkunjung karena lama tidak bertemu, maka dengan ini persaudaraan akan tetap terjaga dan pemersatu persaudaraan.
Selain itu, budaya silaturahni juga ditunjukkan dengan seringnya warga desa serabi tinur yang bersedia datang dan mengunjungi balai desa (posko KKN 24) untuk sekedar mengunjungi dan bermain karambol atau kartu dan bercanda dengan kami.
2.      Gotong royong
Gotong royong merupakan budaya yang masih melekat pada masyarakat Desa Serabi Timur. Hal ini terjadi lantaran masyarakat di Desa Serabi Timur bersifat homogen. Saling kenal satu dengan yang lain, dan saling memiliki kepedulian tinggi terhadap keluarga dan tetangga. Seperti ketika ada orang yang sedang membangun rumah, maka hampir warga sekampung membantu membangunkan rumah tersebut hingga meninggalkan pekerjaan sehari-harinya.
Gotong-royong membangun rumah
Selain itu, ketika ada salah satu orang yang memiliki suatu hajatan.Maka akan kita jumpai banyak sekali orang yang hadir serta membantu orang yang memiliki hajatan tersebut. Praktik budaya tersebut yang dilakukan masyarakat Desa Serabi Timur diantaranya, yasinan dan tahlilan bergilir setiap malam jum’at bagi laki-laki. Sedangkan bagi perempuan dilaksanakan pada hari minggu malam senin.
3.      Etos kerja masyarakat Desa Serabi Timur
Berbicara tentang etos kerja masyarakat Madura, yang sering muncul dibenak kita adalah tentang kerja kerasnya. Memang seperti itulah etos kerja masyarakat Madura, seperti halnya masyarakat Desa Serabi Timur yang sebagian besar masyarakatnya merantau dan bertani.
Di Desa Serabi Timur terdapat beberapa dusun yang warganya sebagian besar bekerja keluar desa (merantau) ke kota-kota besar. Rata-rata diantara mereka bekerja dengan berjualan sate maupun nasi goreng. Alhasil dengan hasil merantau tersebut, dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Serabi Timur.

0 komentar:

Posting Komentar