SOSIALISASI JAGUNG MADURA 1 DAN MADURA 2

Rabu (18/01) Sosialisasi Jagung Madura 1 dan Jagung Madura 2 oleh Bp. Amzeri, S.P., M.P. (dosen peneliti persilangan varietas jagung madura - Universitas Trunojoyo Madura), Bp. Khoirul sebagai mantri tani, Bp. Saudi yang menjadi pakar hama.Yang dihadiri oleh wakil komandan koramil - kecamatan Modung Bp. Rahmat yang menjalin kerjasama dengan dinas pertanian dan beberapa aparatur desa Serabi Timur. Acara yang berlangsung kurang/lebih satu jam setengah yang bertempat di balai desa Serabi Timur tersebut, alhamdulillah terlah berjalan dengan lancar dan penuh harapan menjadi kemanfaatan bagi seluruh pihak, terutama bagi perkembangan sektor pertanian desa Serabi Timur.
Dalam isi materi yang disampaikan, dijelaskan oleh Bp. Amzeri bahwa Madura memiliki potensi yang sangat besar atas tanaman jagung. Tanaman jagung menjadi salah satu makanan pokok yang khas di masyarakat madura sejak dulu. Walau padi atau beras kini telah menggantikan makanan pokok yang sebelumnya yakni jagung, tetapi jagung masih dapat eksis sebagai varian makanan atau bahan campuran pengolahan makanan. Dalam penjelasannya pula bahwa kesuksesan pertanian ialah lahan menjadi lahan produktif, benih bibit yang bagus, teknis budidaya, dan penanaman musim yang tepat.
Lahan pertanian yang produktif ialah lahan yang dipupuki oleh pupuk organik. Dengan karakter jagung madura yang tahan kering, ukuran pendek, dan berusia lama. Adanya peningkatan potensi jagung madura karena bermaksud meningkatkan pendapatan petani jagung madura .
Adanya persilangan varietas baru jagung madura sementara menghasilkan 2 varietas yaitu: jagung hibrida madura 1 dengan sifat protein tinggi, dan jagung hibrida madura 2 dengan sifat beta carotain tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar